Beginilah Fungsi Ginjal Lengkap Beserta Cara Menjaganya

Mengetahui apa saja fungsi ginjal merupakan salah satu hal penting yang harus diketahui. Pasalnya, organ ini mempunyai peranan yang sangat tinggi di dalam tubuh manusia. Terlebih lagi, seiring berjalannya waktu mulai banyak penyakit gagal ginjal yang lagi tidak mengenal usia dan waktu. Oleh sebab itu, simak ulasan di bawah ini agar Anda lebih memahami penyebab hingga cara menjaga ginjal agar tetap sehat.

Apa Sih Ginjal Itu?
Sebelum mengulas lebih jauh terkait fungsi ginjal¸ pastinya akan lebih lengkap lagi informasi yang diperoleh apabila mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Pada dasarnya, ginjal adalah sepasang organ penting yang mempunyai tugas utama yaitu menyaring serta membuang limbah serta racun tubuh melalui urine. 

Meskipun berjumlah satu pasang atau dua buah, namun setiap masing-masing bagian mempunyai tugasnya masing-masing. Namun, perlu diketahui pula bahwa setiap bagian akan bekerja secara berkesinambungan serta saling mendukung satu sama lain. Berdasarkan bentuknya, ginjal ini hampir menyerupai kacang merah. 

Dimana letak keberadaannya yaitu berada di dalam punggung. Lebih tepatnya yaitu berada di bagian kanan dan kiri tulang belakang pada bagian bawah hati dan limpa. Ketika membahas terkait ukuran ginjal dari kalangan dewasa normal yaitu berkisar kepalan tangan. Akan tetapi, berat atau bobotnya yaitu kurang lebih berkisar 135 hingga 170 gram.  

Mengenal Lebih Jauh Fungsi Ginjal
Ketika membahas terkait fungsi ginjal, hal ini dapat diketahui pula berdasarkan anatominya. Mulai dari korteks ginjal yang merupakan bagian terluar dan dikelilingi dengan lapisan jaringan lemak. Untuk fungsi utamanya yaitu melindungi bagian dalam dari organ ginjal itu sendiri. Di samping itu, ada pula medulla ginjal yang merupakan bagian jaringan halus di dalamnya. 

Terkait dengan strukturnya dapat diketahui berdasarkan piramida ginjal, beberapa diantaranya yaitu nefron dan tubulus hingga saluran medulla. Bagian tubulus mempunyai fungsi yaitu untuk mengangkut cairan di dalam tubuh dan darah menuju organ ginjal tersebut. 

Setelah cairan zat limbah serta racun di dalam darah telah disaring, selanjutnya akan dikeluarkan melalui urine. Nantinya, urine tersebut akan dialirkan menuju saluran ureter yang terletak pada bagian pelvis. 

Lantas pelvis ginjal itu apa ya? Nah bagian ini terletak pada bagian paling dalam di ginjal. Bentuknya sendiri seperti coring dengan fungsinya sebagai saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. 

Penyebab Gagal Ginjal
Setelah memahami dan mengulas lebih dalam terkait fungsi ginjal selanjutnya perlu untuk diketahui yaitu penyakit gagal ginjal. Di beberapa tahun belakangan, gangguan kesehatan satu ini bukan lagi diderita oleh kalangan lansia, melainkan anak muda juga sudah mulai terserang. Memang apa sih penyebabnya? Berikut ini akan dipaparkan lebih lengkap dan simak hingga akhir ya. 

1. Tekanan Darah Tinggi
Penyebab pertama seseorang dapat terserang penyakit gagal ginjal yaitu karena tekanan darah yang tinggi. Pasalnya, jantung yang bekerja dengan sangat keras cenderung menyebabkan tekanan darah menjadi tidak stabil. 

Biasanya hal ini terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. Bagi kalangan anak muda, minum alkohol dan tidak berolahraga mempunyai potensi besar terserang penyakit ini. 

2. Penyakit Genetik
Selain disebabkan karena tekanan darah tinggi, ada pula penyebab lain yaitu karena penyakit genetik. Untuk hal ini, biasanya cenderung susah untuk dihindari, pasalnya penyakit tersebut sudah dibawa oleh mutasi genetic di dalam tubuh. 

3. Sindrom Nefrotik
Sindrom satu ini merupakan kumpulan gejala yang akan tampak ketika ginjal tidak bekerja sebagaimana mestinya. Biasanya gejala tersebut akibat dari terlalu banyaknya protein yang terkandung di urine, dan beberapa anggota tubuh menjadi membengkak. 

4. Diabetes
Hal lain yang dapat menyebabkan gagal ginjal yaitu diabetes. Penyakit ini mempunyai potensi besar untuk tubuh tidak mampu memproduksi hormone insulin. Dimana hormone tersebut bertujuan untuk mengubah gula menjadi energi. Oleh sebab itu, kadar gula akan menjadi terus menumpuk dan akhirnya merusak pembuluh darah pada organ ginjal. 

5. Penyakit Terkait Imun Tubuh
Penyebab terakhir yaitu akibat dari penyakit imun seperti berger atau lupus. Seseorang yang terserang penyakit lupus, kondisi ginjal biasanya membengkak akibat serangan sel sehat yang terus melukai ginjal. Bahkan mempunyai kemungkinan besar dapat memberikan goresan terhadap lupus itu sendiri. 

Cara Menjaga Ginjal yang Baik dan Benar
Pada dasarnya, gangguan gagal ginjal disebabkan karena kebiasaan buruk serta gaya hidup yang tidak sehat. Bahkan ketika di usia muda kebiasaan buruk sudah mulai muncul yang terlihat dari pengkonsumsian makanan olahan secara berlebihan. Selain itu, ada pula kalangan anak muda yang rutin mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. 

Memang, obat-obatan tersebut dijual bebas di pasaran, namun apabila jumlah pengonsumisan tidak sesuai dengan anjuran maka dapat merusak ginjal. Terlebih lagi apabila mempunyai kebiasaan buruk seperti kurang minum air putih dan pola tidur tidak sehat. 

Nah sudah paham bukan terkait pengertian, fungsi ginjal, penyebab gagal ginjal hingga cara menjaga yang baik dan benar. Pastikan bahwa Anda telah menjaga kesehatan ginjal dengan melakukan hal-hal yang telah dijelaskan sebelumnya. Apabila, terdapat keluhan yang dirasa mengganggu, segera konsultasikan dengan dokter kepercayaan Anda sebelum terlambat.  

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »